Tuesday, October 22, 2019

Melestarikan Seni Budaya Tanah Pasundan (Paguyuban AKSAN)

Bandung, aksan indonesia
ditauladani dan bermanfaat bagi masyarakat.
Membina para generasi muda agar memiliki kesadaran berbudaya, dan wawasan luas dalam melestarikan budaya dan kesenian sunda dan mengembangkan kewirausahaan juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui seni budaya.
Paguyuban AKSAN adalah organisasi yang bersifat mandiri, sosial, anti kekerasan dan selalu berusaha menjunjung tinggi nilai-nilai luhur. Berusaha untuk melakukan cegah tangkas segala macam bentuk pengaruh-pengaruh buruk yang masuk dan merusak moral anak-anak bangsa melalui budaya luar.
Paguyuban AKSAN selalu mengembangkan aktifitas dan kreatifitas semangat kegotongroyongan, membina rasa kekeluargaan, kebersamaan, keterbukaan, dan demokratis antar sesama melalui seni tari jaipong, seni musik angklung, karinding, dan kecapi suling, juga seni bela diri.
Mengembangkan dan meningkatkan wawasan ke-BHINEKA TUNGGAL IKA-an, senantiasa introfeksi diri agar tetap teguh dalam pendirian sesuai ajaran agamanya masing-masing.
Seperti kita tahu kehidupan para pemuda-pemudi generasi bangsa pada era GLOBALISASI saat ini sangat dapat terpengaruh oleh unsur-unsur budaya luar (asing) dilingkungannya. Sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang membentuk kepribadian, dan pola pikir.
Tidak sedikit generasi muda yang terjerat MIRAS, NARKOBA, kriminal, pergaulan bebas, sampai kepada tindakan terorisme, dan jelas terlihat bahwa kepribadian bangsa kini mulai mulai terpengaruh budaya luar yang berdampak negatif terhadap kepribadian bangsa.
Kami sangat menyadari segala macam keterbatasan yang ada, kami mencoba untuk menghimpun diri dalam suatu wadah organisasi sosial kemasyarakatan dengan berlandaskan pancasila dan falsafah hidup yang di anut oleh masyarakat di tanah pasundan.
Ketua umum AKSAN M. Hildan Kristo Gusti Nur Alif menuturkan dalam wawancaranya kepada tim Buser Kriminal paguyuban AKSAN memiliki slogan : “Pageuh Keupeul Leah Usap, Lega Awur “ yang mengandung makna secara umum yaitu Memperkuat Persatuan dan Kesatuan, adil dan bijak, berdedikasi sosial tolong menolong, kuat dalam keyakinan demi keutuhan bangsa dan Negara.

No comments:

Post a Comment